+62-821-9680-8267
officer@imamakassar.or.id

Indonesia Marketing Association (IMA)

Indonesia Marketing Association (IMA) didirikan oleh para pendiri yang namanya tercantum dalam Piagam Pendirian, di Jakarta pada tanggal 20 Mei 1996.

Indonesia Marketing Association (IMA) adalah organisasi profesi yang terbuka dan mandiri tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan. Kegiatan- kegiatan Indonesia Marketing Association adalah sebagai berikut:

  1. Mengadakan pertemuan anggota.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pemasaran.
  3. Menerbitkan informasi pemasaran.
  4. Menjalin jaringan dengan para pemasar diseluruh dunia.
  5. Menyelenggarakan kegiatan pemasaran lain yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar Indonesia Marketing Association.
Sejarah IMA
Visi & Misi IMA
Kode Etik IMA
Dewan Pengurus IMA
2017 s.d 2019
Presiden IMA Pusat
IMA Chapter Makassar
Dewan Pengurus IMA
Chapter Makassar
2018 s.d 2020
Presiden IMA
Chapter Makassar
Sejarah IMA

Asosiasi Pemasaran Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Indonesia Marketing Association (IMA) adalah organisasi yang fokus pada aktifitas pengembangan pemasaran sebagai profesi. IMA melakukan berbagai kegiatan yang mencakup berbagai acara dan inisiatif intelektual yang berhubungan dengan penciptaan jenjang kerja, berbagai pengetahuan dan memperbaiki praktek-praktek pemasaran dengan konsep pemasaran keseluruh nusantara.

Berdiri pada tanggal 20 Mei 1996, IMA telah memiliki beberapa Chapter di seluruh Nusantara, IMA juga merupakan anggota pendiri dari Asia Marketing Federation (AMF) yang juga bagian dari World Marketing Association (WMA).

Visi & Misi IMA

Visi

Menjadi organisasi profesional pemasaran di tingkat Nasional yang
merupakan referensi bagi semua pihak terkait.

Menjadi organisasi Pemasaran yang unggul dan dihargai oleh
masyarakat bisnis dan Profesional di Asia Pasific.

 

Misi

Sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dan mewakili kepentingan para profesional Pemasaran.

Sebagai organisasi Profesional Pemasaran yang berperan aktif dan ikut berkontribusi secara bermakna di tingkat Nasional, Region maupun Global.

Kode Etik IMA

Kode etik IMA adalah:

1. Believable Marketer

Senantiasa menjunjung citra pribadi, perusahaan dan profesi sehingga mendukung terciptanya citra positif bagi marketer dan almamater (IMA).

2. Enthusiastic Marketer

Menjadi marketer yang enthusiastic  terhadap profesi, karyawan, pelanggan dan bisnis.

3. Guiding Marketer

Memberikan bimbingan kepada marketer lain dalam pengembangan kompetensi mereka sesuai tuntutan karir dan bisnis.

4. Responsible Marketer

Bertanggungjawab secara moral terhadap analisa, strategi, rekomendasi, dan implementasi, baik kepada manajemen perusahaan, pelanggan, pesaing, rekanan, masyarakat dan lingkungan.

5. Empowering Marketer

Memotivasi dan mengajak rekan-rekan sejawat untuk mengikuti CPM dan menerapkan praktek keprofesian marketing secara bertanggung jawab.

6. Advancing Marketer

Terus mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia bisnis serta dampaknya terhadap perusahaan, pelanggan dan pesaing.

7. Trusted Marketer

Menyampaikan pengetahuan, keahlian dan informasi berdasarkan sumber yang layak dipertanggungjawabkan serta menyampaikan pendapat pribadi secara obyektif.

Dewan Pengurus IMA
2017 s.d 2019

Presiden IMA Pusat

IMA Chapter Makassar

Apa itu IMA Chapter Makassar ?

IMA Chapter Makassar merupakan organisasi Profesional di bidang Marketing yang berkedudukan di wilayah Kota Makassar, yang merupakan sebagai wadah bagi para penggiat pemasaran (marketing enthusiast) yang ada di Kota Makassar.

Dengan adanya organisasi IMA Chapter Makassar di kota Makassar, maka diharapkan dapat :

  1. Menambah pengetahuan dalam dunia marketing.
  2. Menambah jaringan (mitra bisnis) melalui pengurus IMA Chapter serta anggota IMA Chapter Makassar dan IMA Chapter Kabupaten/Kota yang tersebar diseluruh Indonesia, dan khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan.
  3. Mengenal para praktisi-praktisi bidang marketing baik LOKAL, NASIONAL, maupun INTERNASIONAL.
  4. Sebagai sarana KONSULTASI dan diskusi terkait masalah MARKETING dengan perusahaan para anggota dan pengurus.
  5. IMA Chapter Makassar mendukung kegiatan PARIWISATA Kota Makassar, dan khususnya juga PARIWISATA Provinsi Sulawesi Selatan.
  6. IMA Chapter Makassar mendukung program UMKM di Kota Makassar dan juga khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan.
  7. IMA Chapter Makassar juga dapat memberikan Edukasi kepada Pelajar dan Mahasiswa/i di Kota Makassar, dengan membentuk IMA Sub Chapter Kampus, di bawah koordinasi kepengurusan IMA Chapter Makassar.
Dewan Pengurus IMA
Chapter Makassar
2018 s.d 2020

Presiden IMA
Chapter Makassar

Indonesia Marketing Association (IMA) adalah organisasi profesi di bidang Marketing yang hebat di negeriku.
Anggotanya adalah orang-orang yang hebat di bidang Marketing.
Saya senang dan bangga bisa bergabung dengan mereka, paling tidak bisa menimba dan berbagi ilmu dengan mereka.
IMA adalah kampus yang nyata di bidang Marketing, yang dapat mengajariku menjadi orang yang bermanfaat untuk masyarakat, perusahaan dan diri sendiri.
Semoga IMA semakin hebat dan memberi manfaat untuk bangsa dan negara tercinta.
2018_0728_09444300_1
Aris Dwi Tjahjanto - EVP Telkom Regional VII
Presiden IMA Chapter Makassar
periode 2018 s.d 2020